Sabtu, 13 Juni 2009

Korea Sparkling 2009 with SMTown



Beberapa waktu lalu, lewat SUKIRA, Teukie mengumumkan bahwa mereka sedang disibukkan dengan syuting CF seputar pariwisata Korea. Title ikon pariwisata bertajuk Korea Sparkling ini pertama kali diluncurkan pada 17 April 2007. Wajarlah, saat itu Korea lagi giat – giatnya membangun perekonomian, dan salah satu tiang ekonominya merupakan bidang pariwisata. Setelah 100% Pure New Zealand (New Zealand), Yokoso Japan (Japan), Visit Britain (the U.K) Keep Exploring (Canada), Uniquely Singapore (Singapore), Truly Asia (Malaysia), Korea juga gak mau ketinggalan, gengsi dong masa cuma mereka gak punya sloga. Karena itu mereka mengadakan sayembara, dan Dari ribuan slogan yang masuk, akhirnya pilihan Korea, jatuh pada kata Sparkling yang dicetuskan oleh pria Kanada Simon Anholt. ( ga nyangka, yang nyiptain orang Canada ! )

Korea Sparkling sendiri merupakan simbol energy kehidupan kebudayaan beserta orang – orang didalamnya. Dimana mereka menjamin, sekali kamu menginjakkan kaki di negeri tersebut, gak bakal ada rasa penyesalan meski harus mengeluarkan uang gak sedikit. Semua akan terbayar lunas lewat keragaman dan eksotisme yang ditawarkan oleh negeri ginseng tersebut. Lambang diagram merah-hijau di Korea Sparkling merupakan visualisasi dari ‘jendela’ diambil dari konsonan dari abjad Korea dikombinasikan dengan model lengan dari pakaian tradisional Korea Hanbok yang menggambarkan perpaduan kebudayaan Korea antara masyrakat modern dengan kultur tradisional.

Sejauh ini Korea Sparkling sudah meluncurkan 3 CF. Dan ke 3-nya menampilkan Superstar idol ! Yang pertama menjadi model itu Bi, Rain pada tahun 2007. Yang kedua tahun 2008 kemarin ada DBSK dan SJ, meski hanya cuplikan konser mereka sekilas 3 detik ( mukanya aja ga keliatan )

Dan tahun 2009 ini, Korea Sparkling kembali menampilkan kolaborasi DBSK dan SJ sebagai wakil icon proyek mereka. Untuk CF kali ini, mereka mendapat jatah durasi jauh lebih lama meski muka mereka gak terlalu diekspos mengingat CF ini ditujukan untuk dunia pariwisata secara keseluruhan. Tapi, yang dapet angle paling banyak tetep aja si ganteng Shiwon, nih anak nasibnya dari dulu hoki banget !

Iklan ini mendapat beragam tanggapan dari masyarakat. Banyak yang mempertanyakan alasan biro pariwisata Korea menggunakan DBSK dan SJ sebagai model, padahal selain mereka banyak idogroup yang gak kalah popular dari mereka berdua. Hmm..gimana yah, itu termasuk bentuk kebebasan juga sih, tapi perlu diakui kalau sampai saat ini baru DBSK dan SJ yang reputasinya udah bener – bener dinyatakan resmi Go International. Tapi juju raja, untuk iklannya sendiri agak sedikit “gaje” buat tema pariwisata ~wkwkwkwkw~ kalau CF ini ditunjukin buat komunitas penggemar idol dan anak muda sih cocok banget. Tapi, kalau untuk skala lebih besar seperti turis asing seperti contoh nyokap-bokap, kakek-nenek, paman bibi, tentunya merasa terheran – heran melihat CF ini….mereka yang gak kenal pasti bakalan nanya….

..Nak itu siapa ? …DBSK ama SJ nek…( aduh cuape deh, inget nama tetangga aja susah apalagi 18 orang ! )

…oo..cowok disana ganteng – ganteng yah ? ..Hmm…Cuma 25 % , sisanya 10:3 deh nek….! ( emang kenyataan )

Ih..kalo yang barbershop-nya ganteng kay gitu, nenek mau deh ke Korea bonding rambut sekalian di creambath ! ….

…~wkwkwkwkw~ Mimpi Kali ye… mereka itu super idol nek, bukan tukang cukur. Keahliannya dance en nyanyi bukan mijet – mijet kepala buat creambath !

…Eh, cucuku….nenek suka sama cowok ganteng yang nari di club itu deh ! siapa sih namanya ?

~ oo…si Shiwon nek…namanya, Shi..won ! “

…hmm..kalo ntar nenek ke Korea dan dateng ke diskotik, bisa ketemu dia dong ?

~….aduh nek inget umur, lagipula nenek mending mainnya ke gereja, anak Tuhan semacam Shiwon kalo di diskotik mah gak bakalan ketemu!

Demikianlah percakapan singkat anatar nenek dan cucunya yang mau ke Korea setelah liat CF Korea Sparkling !

Tapi memang bener kan ! Iklannya sih ada SJ en DBSK, tapi udah dateng jauh – jauh beli tiket PP 6 juta blon tentu ketemu mereka. Secara anaj SJ itu kumpulan anak baik – baik yang ritme kerjanya pagi ketemu pagi gak mungkin dugem nongkrong di night-club ! Tapi salut banget deh buat mereka berdua, udah dipercaya sebagai ikon pariwisata Korea skala International. Tapi menurutku sih, untuk objek pariwisata sebagus – bagusnya Sparkling Korea, jauh lebih bagus Visit Indonesia. Untuk ukuran objek wisata dan pemandangan alam Indonesia jauh lebih bagus. Aduh..SJ ! sekali – sekali promosi-in Indonesia dung !!!



note : Awalnya slogan Korea Sparkling digunakan untuk menggantikan slogan lama mereka Dynamic Korea. Slogan Dynamic Korea kurang original dan menjual karena mirip dengan “Incredible India’’ dan“Amazing Thailand’’ yang ujung – ujungnya malah kelihatan seperti Copycat Korea.’’ Dan pihak – pihak tertentu beranggapan kalau Korea Sparkling terdengar jauh lebih fresh.

0 komentar:

Posting Komentar